Ahad 25 Jul 2021 15:21 WIB

Sosok Dibalik Lancarnya Ibadah Haji 2021

Membuat pelaksanaan haji berjalan lancar adalah tugas yang kompleks.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Jamaah haji berdoa saat mereka menjaga jarak sosial di depan Ka
Foto:

Ada 71 kamp untuk peziarah di setiap situs suci tahun ini. Ada bagian khusus wanita, yang dikelola oleh wanita yang mengurus kebutuhan makanan, kebersihan, dan logistik umum jemaah.

"Ini adalah tahun keempat saya sebagai pengawas kamp. Peran saya adalah memastikan semua kebutuhan jemaah terpenuhi di kamp, dari hal-hal sederhana seperti di mana arah kiblat hingga bantuan medis apa pun yang mereka butuhkan dan waktu pergerakan," kata Amal Aabdul Rahman.

Dia menjelaskan bagaimana kesulitan haji terkadang membuat orang menjadi stres dan lelah, dan ini merupakan tantangan baginya. "Anda perlu memastikan mereka merasa nyaman di kamp dan beristirahat dengan baik. Saya perlu menyediakan segalanya untuk mereka, sehingga mereka bebas untuk beribadah." 

Pada aspek keamanan, tentara wanita mengambil banyak peran dalam haji tahun ini. Di antara mereka adalah tentara Abeer Al Rashed, yang memimpin pengarahan pasukan keamanan yang dipimpin wanita pertama di negara itu untuk haji pekan lalu. Delapan puluh petugas wanita bekerja di Masjidil Haram, di mana para peziarah melakukan Tawaf untuk memulai haji mereka dan satu lagi untuk mengakhirinya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement