Kamis 05 Aug 2021 05:48 WIB

Studi: Masjid-Masjid di Amerika Tempat Meleburnya Tradisi

Masjid-masjid di Amerika semakin menjadi tempat meleburnya tradisi.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Masjid baru di Indiana tengah, Amerika Serikat
Foto:

Di banyak negara di dunia Islam, satu mazhab mendominasi dan sementara imigran Amerika dari negara-negara tersebut mempertahankan praktik tersebut. Masjid mereka sering mencampurkan tradisi untuk menarik banyak jamaah yang potensial.

"Anekdot, saya kenal seseorang yang ada di dewan sebuah masjid di Atlanta yang merasa harus mengingatkan semua orang bahwa itu bukan masjid Hanafi," kata Bagby.

Menurut Bagby, Masjid Hanafi dan Syafi'i adalah yang paling umum di Amerika. Namun, ia mencatat, masjid-masjid yang mengikuti mazhab Maliki sedang meningkat, karena migrasi baru-baru ini dari Afrika dan karena banyak mualaf Amerika tertarik pada interpretasi yang lebih fleksibel dari sejumlah praktik Islam.

Dalam praktik Islam tradisional, individu dapat memadukan tradisi sampai batas tertentu, tetapi dalam beberapa generasi terakhir, karena masjid telah berubah menjadi lembaga negara di banyak negara mayoritas Muslim, kepatuhan terhadap mazhab tertentu menjadi lebih ketat.

Bagby mengungkapkan, di Amerika, sejumlah faktor kemungkinan telah memengaruhi praktik masjid. Laporan baru mencatat khususnya keterlibatan dalam politik serta peningkatan penggunaan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari dan praktik masyarakat.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement