Kamis 26 Aug 2021 03:56 WIB

Barakat Gambarkan Keharmonisan Umat Beragama di Afsel

Barakat dalam bahasa Afrikaaps berarti membawa pulang hadiah.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Muslim di Afrika Selatan

"Di komunitas yang saya kenal, orang Kristen akan menjadi bagian dari perayaan Labarang (Idul Fitri) tahunan dengan cara yang sama seperti anak-anak Muslim sering merayakan Natal," tambahnya. 

Ayah Jepta sendiri adalah seorang Muslim, dan ibunya Kristen. Karena keragaman ini, Jeptha yakin dia punya sudut pandang yang bagus untuk menghubungkan koeksistensi yang panjang dan harmonis antara dua komunitas. "Saya setengah-setengah, seperti banyak anak-anak di Cape Flats. Pendidikan saya adalah persimpangan dua agama jadi saya dibesarkan di sebuah rumah di mana Islam dipraktikkan," kata sutradara film itu.

Barakat dalam bahasa Afrikaaps berarti membawa pulang hadiah, biasanya penganan atau makanan, yang tersisa dari sebuah pesta. Tetapi Jeptha mengatakan, beberapa imam mengatakan kepadanya bahwa barakat juga bisa datang dalam bentuk orang yang menyamar. "Berkah datang dalam bentuk yang berbeda dan bisa datang secara tidak terduga," katanya.

Dia menyimpan dialog dalam film dalam bahasa Afrikaaps untuk juga mempromosikan bahasa tersebut. "Afrikaaps dulu disebut Kombuis (dapur) Afrikaans, tapi saya lebih suka tidak menggunakan istilah itu, karena membuatnya terasa seperti versi lebih rendah dari bahasa Afrikaans yang sebenarnya bukan. Dan Afrikaaps adalah bentuk bahasa kreol yang sah," jelasnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement