Selasa 31 Aug 2021 02:36 WIB

Mesir Jadikan Kota Fustat Museum Terbuka

Mesir mengumumkan akan berusaha menghidupkan kembali kota kuno Fustat.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
al-Fustat, Kairo, Mesir
Foto:

Mengenai pentingnya sejarah dan arkeologi Fustat, Direktur Umum Departemen Penelitian, Studi Arkeologi dan Publikasi Akademik di Sinai Selatan dari Kementerian Pariwisata dan Purbakala, Abdel Rahim Rihan, menyampaikan bahwa kota itu termasuk Kompleks Keagamaan di mana kuil Yahudi yang dikenal sebagai Sinagog Ben Ezra dapat ditemukan.

Juga terdapat gereja-gereja Mesir kuno seperti gereja Saint Sergius dan Bacchus (Abu Serga) yang termasuk gua tempat Keluarga Suci diyakini pernah tinggal selama salah satu perjalanan ke Mesir. Gua ini memiliki panjang 6 meter dan lebar 4,5 meter dan dibagi menjadi tiga bagian yang dipisahkan oleh kolom batu. Gua itu berada 6,3 meter di bawah atap gereja, sedangkan lantai gereja itu sendiri berada 3,6 meter di bawah permukaan jalan.

Rihan mengatakan, gereja lain yang ditemukan antara lain Gereja Gantung, Gereja Saint Barbara, Gereja Mary Gerges, Gereja Perawan (Qasriet Al-Rihan), Gereja Saints Abakir dan Yohanna, Gereja Ortodoks Yunani St. George, Gereja St. Mercurius Abu Sefein dan Gereja Abba Shenouda. Fustat juga merupakan rumah bagi masjid tertua kedua di Mesir dan Afrika setelah Masjid Sadat Quraish (di provinsi Sharqia), yaitu Masjid Amr ibn al-Aas.

Gereja Abu Serga yang berada di jalur Keluarga Kudus mendorong pemerintah untuk merehabilitasi jalan-jalan menuju Kompleks Religi dan membangun jalan alternatif untuk transportasi umum. Pemerintah juga mendirikan rambu-rambu panduan dan pergola serta membangun gerbang wisata untuk kawasan berlambang Keluarga Kudus, pada jarak 800 meter hingga 1 kilometer dari lokasi kuil. Hal itu juga mendorong pemerintah untuk mengembangkan rencana pengembangan kawasan yang komprehensif.

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement