Kamis 16 Sep 2021 03:52 WIB

Wadah Air Zamzam Mulai Tersedia di Masjid Nabawi

Wadah air zamzam mulai ditiadakan sejak wabah covid-19 di awal 2020.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Petugas membagikan air zamzam kepada jamaah umroh di Masjidil Haram. Petugas membawa wadah silindris berisi air Zamzam. Tindakan itu untuk membendung penyebaran virus corona (Covid-19).
Foto:

Metode dan perangkat sterilisasi yang sangat canggih digunakan untuk menyaring Zamzam. Hal ini guna memastikan kualitas air suci, itu melewati sistem sterilisasi canggih, yang menggunakan sinar ultraviolet untuk membunuh bakteri dan virus serta memastikan sterilisasi tingkat tinggi.

Serangkaian tindakan dilakukan semenjak pemompaan dari sumur Zamzam. Kemudian dipindahkan ke tangki tertutup untuk disimpan hingga melalui proses sterilisasi dan dipindahkan ke Masjidil Haram. Sebuah tim spesialis mengawasi semua fase proses.

Al-Zahrani mengatakan, laboratorium tersebut memiliki perangkat mikrobiologi untuk menginkubasi bakteri dan pertumbuhannya dalam waktu tercepat, mendeteksi bakteri dan mikroba, dan perangkat pengaman untuk bekerja pada budidaya bakteri di lingkungan yang terisolasi dari polusi eksternal dalam memastikan tingkat analisis.

Ini merupakan perangkat mikroskop untuk mengetahui jenis bakteri dan sumbernya, dan durasi pemeriksaan berkisar antara 24 hingga 72 jam untuk mikrobiologi, dan dua hingga empat jam untuk pemeriksaan kimia. 

 

Al-Zahrani menekankan bahwa tes tersebut untuk memastikan keamanan jaringan air Zamzam, dan membuatnya bebas dari mikroba serta polutan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement