Rabu 29 Sep 2021 02:01 WIB

Muslimah Jerman Sulit Mencari Pekerjaan Karena Jilbab

Banyak wanita berhijab memiliki pengalaman buruk saat mencair kerja di Jerman.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Muslimah Jerman berunjukrasa di Hamburg, Jerman.
Foto:

Implikasi kehidupan nyata dari berbagai undang-undang tersebut belum mudah diukur. Dengan sebagian besar pekerjaan yang membutuhkan CV termasuk foto wajah, kemungkinan besar sebagian besar wanita bahkan tidak mengetahui apakah penolakan mereka didasarkan pada jilbab mereka atau sesuatu yang lain.

Banyak wanita berhijab memiliki pengalaman yang baik di tempat kerja Jerman. Tidak jarang melihat kasir, apoteker, atau pramuniaga mengenakan jilbab. Namun, beban ketidakpastian itu berat.

Zehra Eres, seorang mahasiswa bioteknologi di Universitas Teknik Berlin, mengatakan mimpinya adalah untuk mengajar. Tapi dia berbasis di ibukota Berlin. Eres melihat jilbab sebagai bagian dari identitasnya, jadi dia tahu dia tidak bisa melepaskannya.

Ini adalah satu-satunya alasan dia tidak belajar pendidikan untuk mengajar, katanya. Meskipun undang-undang Berlin yang melarang guru mengenakan jilbab dinyatakan tidak konstitusional tahun lalu, tidak jelas kapan keputusan itu akan diterapkan sepenuhnya.

Semua guru di sekolah umum Jerman dilarang mengenakan syal hingga 2015, ketika undang-undang federal dibatalkan. Bagi wanita yang mencari pekerjaan atau magang, seperti Ahmad, ketidakjelasan seputar penolakan bisa menjengkelkan.

Siba Biri, seorang warga Suriah berusia 28 tahun di Erfurt, mencari magang selama berbulan-bulan di apotek, karena hal ini ia butuhkan untuk menyelesaikan program teknisi farmasinya. Setelah mengirim lusinan resume, menelepon beberapa apotek dan berjalan sendiri untuk bertanya tentang tempat magang yang bisa menerimanya, dia masih tidak dapat menemukan apa pun.

"Pertanyaan saya adalah, mengapa semua teman sekelas Jerman saya dapat menemukannya, sedangkan hanya saya dan teman saya, yang juga berasal dari Suriah dan mengenakan jilbab, belum menemukannya," tuturnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement