Kamis 18 Nov 2021 20:20 WIB

Sentuhan Teknologi Canggih Dua Masjid Suci

Setiap lini layanan dua masjid suci miliki sentuhan teknologi canggih dan modern.

Rep: Rizky Jaramaya, Zahrotul Octaviani, Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Masjidil Haram Luncurkan Robot AI Berbicara 11 Bahasa
Foto:

Sistem Audio Canggih

Sekitar 7.500 speaker tersebar di seluruh Masjidil Haram mulai dari lantai, alun-alun, koridor, dan jalan-jalan di sekitar Masjidil Haram mengeluarkan suara adzan dan imam. Ribuan speaker tersebut sebagai bagian dari sound system yang canggih.

Direktur Administrasi Umum Operasi dan Pemeliharaan Presidensi Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, Mohsen Al-Salami menjelaskan, sound system di Masjidil Haram merupakan salah satu sound system terbesar yang digunakan di dunia. Sistem ini berfungsi melalui sensor akustik canggih dengan sensitivitas yang sesuai dengan kebutuhan tempat.

Ia menambahkan bahwa seluruh sistem audio terhubung ke UPS berkapasitas tinggi, perangkat untuk memastikan bahwa peralatan listrik tidak terputus untuk semua lokasi audio.

Al-Sulami mengatakan lebih dari 65 staf operasional khusus insinyur, teknisi, supervisor, dan operator yang menjaga fungsi-fungsi ini memastikan implementasi yang tepat sesuai dengan instruksi teknis yang relevan. Untuk memastikan bahwa mereka bebas dari cacat apapun dengan menggunakan teknologi terbaru.

Ia menambahkan bahwa sistem audio dioperasikan dari ruang kendali utama ekspansi kedua atau sub-Saudi di wilayah Al-Masaa. Dia juga mengatakan bahwa tim berkomunikasi satu sama lain melalui "Intercom" untuk memastikan bahwa suara tidak terputus sebelum ritual apapun, dan jauh sebelum adzan untuk memastikan integritas sistem.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement