Kamis 16 Dec 2021 02:54 WIB

Riset Pew: Jumlah Umat Muslim India akan Lampaui Indonesia

India dan Indonesia memiliki populasi Muslim yang signifikan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
 Umat Muslim India melaksanakan salat pada kesempatan Idul Adha di Masjid Jama yang hampir sepi karena tetap ditutup untuk umum karena pembatasan Covid-19 di kawasan Lama Delhi, India, 21 Juli 2021. Idul Adha adalah hari raya Idul Adha. paling suci dari dua hari libur Muslim dirayakan setiap tahun, itu menandai ziarah Muslim tahunan (Haji) untuk mengunjungi Mekah, tempat paling suci dalam Islam. Muslim menyembelih hewan kurban dan membagi daging menjadi tiga bagian, satu untuk keluarga, satu untuk teman dan kerabat, dan satu untuk orang miskin dan membutuhkan.
Foto:

Muslim dunia juga merupakan populasi termuda, yakni tujuh tahun lebih muda dari usia rata-rata non-Muslim. Ini artinya, lebih banyak Muslim muda akan menggantikan non-Muslim yang lebih tua di seluruh dunia.

Migrasi karena gejolak politik dan ekonomi bukan penyebab langsung pertumbuhan penduduk. Banyak Muslim cenderung bermigrasi ke negara-negara mayoritas non-Muslim di Eropa dan Amerika, di mana mereka meningkatkan pangsa populasi Muslim.

Menurut data Pew, pada 2050, hampir 10 persen Eropa akan dihuni oleh Muslim. Sedangkan di AS, Muslim akan berjumlah 2 persen dari populasi, dan ini akan jauh lebih sedikit di seluruh Amerika Latin menurut perkiraan. 

Ada juga faktor perpindahan agama ke Islam khususnya di Eropa dan negara-negara Sub Sahara di Afrika. Hal ini kemungkinan mengalahkan jumlah perpindahan ke agama lain di periode yang diproyeksikan antara 2010 dan 2050. 

"Sementara itu, perpindahan agama yang diperkirakan akan menghambat pertumbuhan umat Kristen sekitar 72 juta antara tahun 2015 dan 2060. Hal ini diperkirakan tidak akan berdampak negatif pada pertumbuhan populasi Muslim," kata studi tersebut.

Salah satu faktor yang mendukung pertumbuhan umat Muslim yaitu karena meningkatnya Muslim di negara-negara yang justru selama ini tidak berafiliasi dengan agama. Pertumbuhan Muslim terkonsentrasi di tempat-tempat dengan kesuburan rendah dan populasi yang menua seperti Eropa, Amerika Utara, China dan Jepang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement