Kamis 17 Feb 2022 18:30 WIB

Sifat-Sifat Oang Berakal yang Diungkap Alquran

Sifat-sifat orang berakal yang diungkap Alquran dalam surat Ar Rad 22.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Sifat-sifat orang berakal Menurut Alquran. (ilustrasi)
Foto:

Sifat pertama, orang-orang tersebut senantiasa memenuhi janji Allah, dan tidak mau mengingkari perjanjian itu. Yang dimaksud dengan "janji Allah" di sini ialah janji-janji yang telah mereka ikrarkan atas diri mereka, baik mengenai hubungan mereka dengan Allah, maupun hubungan mereka dengan orang lain. Fitrah mereka yang suci, dan hati mereka yang murni mengakui adanya perjanjian itu dan wahyu Allah pun mengharuskan adanya perjanjian tersebut.

Mereka tidak mau mengingkari atau pun memungkiri perjanjian yang telah mereka kukuhkan, karena mereka sangat menjauhi sifat-sifat kemunafikan. Betapa pentingnya sifat memenuhi janji ini, oleh Qatadah telah disebutkan bahwa dalam Alquran, Allah SWT telah menyebutnya sebanyak lebih dua puluh kali.

Sifat kedua, mereka memelihara semua perintah Allah dan tidak melanggarnya, baik hak-hak Allah maupun hak-hak hamba-Nya, termasuk memelihara silaturrahim. Hubungan antara sesama manusia ialah menjalin hubungan tolong-menolong, menjalin cinta dan kasih-sayang, sebagaimana disebutkan dalam hadis ini.

Dari Abi Hurairah bahwasanya ia berkata: Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda: Barang siapa senang dilapangkan rezekinya dan selalu disebut-sebut kebaikannya, maka hendaklah pelihara hubungan silaturrahim. (Riwayat al-Bukhari dan Muslim).

Dari Ibnu Abbas ia berkata: Bersabda Rasulullah SAW: Sesungguhnya kebajikan dan menghubungkan silaturrahim itu, kedua-duanya benar-benar meringankan hisab yang buruk di hari kiamat. Kemudian Rasulullah SAW membaca ayat ini. (Riwayat al-Khatib dan Ibnu Asakir)

Sifat ketiga, mereka benar-benar takut kepada Allah SWT. Sifat takut kepada Allah adalah perasaan takut yang dilandasi dengan rasa hormat yang mendorong orang untuk taat kepada-Nya. Sifat ini dimiliki oleh para ulama, dan ciri dari orang-orang "muqarrabin."

Dalam hubungan ini Allah swt telah berfirman: Di antara hamba-hamba Allah yang takut kepada-Nya, hanyalah para ulama. (QS Fathir: 28)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement