Jumat 06 May 2022 13:55 WIB

Pesawat Jamaah Umroh Pakistan Tertunda Berjam-jam di Bandara Jeddah

Semua penerbangan maskapai yang berangkat dari Jeddah menghadapi penundaan.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Bandara King Abdulaziz di Jeddah, Arab Saudi. Pesawat Jamaah Umroh Pakistan Tertunda Berjam-jam di Bandara Jeddah
Foto: Saudi Ministry of Media via AP
Bandara King Abdulaziz di Jeddah, Arab Saudi. Pesawat Jamaah Umroh Pakistan Tertunda Berjam-jam di Bandara Jeddah

IHRAM.CO.ID, RAWALPINDI -- Ratusan jamaah umroh Pakistan terdampak penundaan penerbangan di bandara Jeddah. Hal ini terjadi karena permintaan yang tidak biasa selama liburan Idul Fitri.

Setelah dilakukan pembicaraan antara pejabat bandara dan perwakilan dari Pakistan International Airlines (PIA), mereka akhirnya mendapat fasilitas atau kompensasi dari keterlambatan tersebut. Para peziarah dan warga Pakistan lainnya yang kembali ke rumah untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga harus terdampak akibat dari penerbangan dari Jeddah ke Islamabad, Karachi dan Lahore mengalami penundaan selama berjam-jam.

Baca Juga

Manajemen PIA lantas menunjukkan insiatif mengadakan pembicaraan dengan pejabat bandara Jeddah, mengikuti arahan Menteri Penerbangan Khawaja Saad Rafique untuk mengatasi masalah tersebut. Dilansir di Dawn, Jumat (6/5), setelah pembicaraan tersebut, manajemen bandara Jeddah mengalihkan penerbangan PIA ke terminal haji dari terminal utara. Keputusan itu diambil karena terminal haji lebih luas dan dapat menampung banyak penumpang.

Sebelumnya, juru bicara PIA Abdullah Hafeez Khan menjelaskan situasi di bandara Jeddah, Selasa (3/5). Ia menyebut semua penerbangan maskapai yang berangkat dari Jeddah menghadapi penundaan yang diperpanjang.

 

“Penumpukan penumpang terjadi karena adanya pengalihan penerbangan ke Terminal Utara oleh pihak pengelola bandara. Karena berdesak-desakan, penumpang kesulitan check-in, karena hanya ada empat boarding gate di Terminal Utara yang tidak cukup untuk menampung jumlah pemudik yang banyak,” kata juru bicara PIA.

Dia mengatakan manajemen PIA telah mengarahkan semua upaya untuk memberikan semua fasilitas yang mungkin kepada penumpangnya. Di sisi lain, pejabat PIA di Jeddah juga disebut terus-menerus berhubungan dengan otoritas Saudi. Menteri Penerbangan Khawaja Saad Rafiq mengarahkan manajemen PIA untuk menyediakan hotel untuk memfasilitasi jamaah umroh asal Pakistan.

Baca juga: Bandara Jeddah Kacau, Disesaki Jamaah Umroh yang Datang 12 Jam Lebih Awal

https://www.dawn.com/news/1688204/umrah-pilgrims-hit-by-flight-delays-at-jeddah

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement