Calhaj Nigeria Belum Diterbangkan karena Maskapai Tunggu Lebih Banyak Penumpang

Senin , 27 Jun 2022, 17:17 WIB Reporter :Umar Mukhtar/ Redaktur : Agung Sasongko
Calon jamaah haji Nigeria
Calon jamaah haji Nigeria

IHRAM.CO.ID, OYO -- Sebanyak 300 calon jamaah haji (calhaj) dari Negara Bagian Oyo, Nigeria, hingga kini masih menunggu penerbangan menuju Arab Saudi. Hal ini disampaikan oleh Ketua Dewan Kesejahteraan Jamaah Haji Negara Bagian Oyo, Profesor Sayed Malik.

 

Terkait

"Jamaah haji yang belum diterbangkan ini berada di kamp Haji Negara di Olodo," kata Profesor Malik sebagaimana dilansir media Nigeria, Blue Print, Senin (27/6/2022).

Baca Juga

Dalam kesempatan itu, Malik mengimbau kepada para calhaj yang saat ini masih menunggu penerbangan ke tanah suci untuk bersabar. Sebab, menurut dia, sekarang sedang dilakukan pengaturan dalam rangka untuk memastikan mereka diangkut ke Arab Saudi segera.

Malik menjelaskan, jumlah 300 calhaj itu masih belum cukup untuk diterbangkan ke Saudi karena kapasitas pesawatnya lebih besar yakni lebih dari 500 orang. Karena itu, penerbangan pesawat itu menunggu sampai jumlah calhaj mencapai 500 orang.

"Kami memiliki sekitar 300 calon jamaah haji di Kamp Haji Olodo tetapi jumlah mereka terlalu kecil untuk pesawat yang mampu membawa lebih dari 500 orang. Jadi, pilot mencari lebih banyak penumpang untuk naik ke pesawat," tuturnya.

"Begitu mereka memiliki cukup penumpang, terutama jamaah haji dari negara bagian lain, barulah jamaah haji kami akan diterbangkan ke tanah suci," tambahnya.

Dewan Kesejahteraan Jamaah Haji Negara Bagian Oyo, terang Malik, sebetulnya ada sebuah pesawat yang siap digunakan untuk mengangkut para calhaj ke Saudi. "Namun jumlah calhaj yang berada di darat tidak cukup untuk lepas landas pesawat," kata dia.

Pihak Dewan Kesejahteraan Jemaah Haji Negara Bagian Oyo kemudian meyakinkan kepada para calhaj bahwa upaya sedang diintensifkan untuk mengamankan visa bagi calon jamaah haji yang belum mendapatkannya.

Sumber: https://www.blueprint.ng/hajj-2022-300-oyo-pilgrims-await-airlift-to-saudi-arabia/

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini