Selasa 30 Aug 2022 20:45 WIB

Air Mawar Meresap ke dalam Setiap Aspek Kebudayaan Islam

Kemampuan Oman dalam menghasilkan air mawar berkualitas juga telah dikenal dunia.

Bunga mawar
Foto:

Tak hanya menjadi pewangi tubuh, air mawar juga menjadi bumbu masakan yang populer di kalangan masyarakat Muslim, mulai dari Afrika Utara hingga India. Air mawar pun merupakan sesuatu yang sangat penting dalam khazanah kedokteran Islam. Air ini biasa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, mulai dari tuberkulosis hingga gangguan perut dan mual.

Di antara sejumlah negara Timur Tengah yang memproduksi air mawar, Oman adalah penghasil terbesar. Tak hanya di kawasan Timur Tengah, kemampuan Oman dalam menghasilkan air mawar berkualitas juga telah dikenal dunia.

Dari Oman, air wangi ini dikirim ke sejumlah negara di Timur Tengah, seperti Iran dan Arab Saudi, untuk digunakan sebagai bahan baku kuliner, farmasi, dan kosmetik.

Pada Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, permintaan air mawar meningkat. Pada momen istimewa itu, air mawar biasa digunakan untuk penyedap dalam minuman, custard, jeli dan makanan penutup lainnya. Di Oman, air mawar juga biasa digunakan untuk campuran teh dan halwa.

Tak hanya itu, air mawar juga terkenal dalam kosmetik tradisional Timur Tengah. Misalnya, celak hitam (bubuk antimonium sulfida yang digunakan sebagai eyeliner oleh para wanita di seluruh Jazirah Arab) kerap kali dibuat dengan campuran air mawar. Sayangnya, pada tahun ini, hasil panen mawar di Oman tak sebaik tahun-tahun sebelumnya.

"Tahun ini tanaman mawar tidak baik dan panennya berakhir lebih awal," kata Asisten Direktur Jenderal pada Kementerian Pertanian Oman, Yahya bin Nasser bin Saif Al-Riyami, seperti dikutip laman Arab News, pekan lalu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement