Selasa 04 Oct 2022 20:40 WIB

Doa yang Diijabah

Salah satu keistimewaan melaksanakan ibadah haji dan umrah adalah diijabahnya doa-doa

Berdoa (Ilustrasi)
Foto:

Doa mohon ampunan

Doa tersebut, di antaranya, agar diampuni segala dosa, dimudahkan segala urusan dan masalah hidup, dan dikabulkan segala hajat. Jangan lupa pula berdoa rumah tangga sakinah mawadah warahmah bagi yang sudah berkeluarga.

Doa kesalehan keluarga

Doa lain yang juga penting, menurut wakil ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Boyolali ini, adalah agar dijadikan suami yang saleh, seperti Nabi Ibrahim AS yang memiliki akhlakul karimah dan berwibawa. Doa menjadi istri yang salehah seperti Siti Hajar dan doa agar anak-anak saleh dan salehah seperti Nabi Ismail AS.  

Doa husnulkhatimah

Doa berikutnya yang tak kalah penting adalah jika wafat dalam keadaan husnulkhatimah dan masuk surga seperti Nabi Muhammad SAW. 

Tempat doa yang mustajab

Adapun, tempat-tempat yang mustajab ketika memanjatkan doa adalah searah dengan Hajar Aswad, Multazam, dekat maqam Ibrahim, Hijr Ismail, Rukun Yamani, tempat air zamzam berada, Bukit Sofa, antara pilar hijau ketika sa’i, dan di Bukit Marwah. “Ini ketika kita berada di Masjidil Haram, Makkah,” ungkapnya.

Jika berada di Masjid Nabawi, Madinah, tempat yang mustajab untuk berdoa adalah di Raudhah, dekat rumah, maqam, dan mimbar Nabi Muhammad SAW. Sementara, di Arafah, doa akan diijabah di wilayah Musdalifah dan juga tempat di mana jamaah melakukan lontar jumrah.

Waktu berdoa

Mengenai waktu berdoa,  yaitu pada saat sepertiga malam akhir sampai Subuh, ketika antara azan dan iqamat, saat selesai membaca Alquran, atau usai shalat wajib dan sunah, insya Allah, doa kita akan dikabulkan.

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement