Selasa 16 Sep 2014 15:35 WIB

PPIH Jeddah Sambut 5.800 Jamaah Haji Gelombang II (1)

Jamaah haji di Kota Jeddah, Arab Saudi.
Foto: Antara/Zarqowi Maksum/ca
Jamaah haji di Kota Jeddah, Arab Saudi.

Oleh: Zaky Al Hamzah

JEDDAH – Kedatangan jamaah haji asal Indonesia memasuki gelombang kedua per Senin (15/9) waktu Arab Saudi (WAS). Seluruh jamaah haji gelombang kedua ini dijadwalkan mendarat di Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah, Arab Saudi.

Jumlah jamaah haji yang dijadwalkan Senin (15/9) ini sekitar 5.800 jamaah. Jamaah yang tiba di bandara ini wajib mengenakan kain ihram sebelum bertolak ke Makkah. Jadwal akhir kedatangan jamaah haji gelombang adalah 28 September 2014. Jadwal itu sesuai agenda closing date (masa penutupan) Bandara Jeddah terhadap jamaah haji dari berbagai negara.

Kepala Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah Kerja (Daker) Jeddah, Ahmad Abdullah Yunus memastikan, petugas PPIH Daker Jeddah menyatakan kesiapannya menyambut dan melayani kedatangan 5.800 jamaah haji pada Senin ini dan selama sampai 28 September mendatang.

Data kedatangan jamaah haji gelombang kedua Senin ini diperkirakan sekitar 5.857 orang. Mereka diterbangkan dari berbagai embarkasi di Indonesia sebanyak 14 kelompok terbang (kloter).

Rombongan jamaah haji yang berihram pertama di Bandara Jeddah berasal dari Embarkasi Balikpapan (Kloter 8) disusul Embarkasi Lombok (Kloter 10), Medan (Kloter 12), Jawa Barat (Kloter 39, 40 dan 41), Solo (Kloter 35, 36 dan 37), Jakarta (Kloter 11), Batam (Kloter 15), Ujung Pandang (Kloter 11), dan Surabaya (Kloter 32).

Jika jamaah haji gelombang pertama menjalani Shalat Arbain terlebih dahulu di Masjid Nabawi, Madinah, dulu selama sembilan hari, sebelum bertolk ke Kota Makkah, maka jamaah haji gelombang kedua langsung berangkat ke Kota Makkah sesaat setelah mendarat di Bandara Jeddah. Mereka tidak mengawali ibadah dengan Shalat Arbain atau shalat 40 waktu tanpa terputus, di Masjid Nabawi.

"Jamaah haji gelombang kedua ini langsung Umrah wajib di Masjidil Haram, akkah. Jarak Jeddah ke Makkah kan lebih dekat dibandingkan Madinah. Jamaah haji hanya perlu menempuh perjalanan sekitar satu jam perjalanan," tutur Kadaker Jeddah kepada wartawan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement