Senin 28 Sep 2015 20:24 WIB

Menag :Masih Ada Lima Kontainer Korban Tragedi Mina

Rep: ratna puspita/ Red: Taufik Rachman
Ambulans membawa jamaah haji yang menjadi korban insiden Mina.
Foto: Al Arabiya
Ambulans membawa jamaah haji yang menjadi korban insiden Mina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- MAKKAH -- Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi sudah disodori 1.107 foto jenazah korban peristiwa berdesak-desakan di Jalan 204, Mina, Arab Saudi, Kamis (24/9). Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyatakan masih ada lima kontainer berisi jenazah di Pemulasaran Jenazah Al Muaisim.

"Sampai tadi siang, petugas kami melaporkan bahwa semula masih ada empat kontainer tapi ternyata ada lima kontainer yang belum dibuka. Masing-masing kontainer berisi puluhan jenazah," kata dia, Senin (28/9).

Dia menyatakan Pemerintah Saudi akan merilis foto-foto jenazah pada Senin pukul 16.00 waktu setempat setelah dirilis 1.107 foto. "Ini adalah tahapan keempat setelah tahapan-tahapan sebelumnya," kata dia.

Pada tahap pertama, Jumat (25/9) malam, Pemerintah Saudi merilis 500 foto. Pada tahap kedua, Saudi merilis 350 foto kepada negara-negara pengirim jamaah haji. Tahap ketiga, ada 257 foto yang dirilis. "Tahap keempat yang kami masih belum tahu jumlahnya berapa," kata dia.

Pemerintah Indonesia mendapatkan akses terhadap jenazah di Pemulasaran Jenazah Al Muaisim pada Jumat (25/9) malam atau satu hari pascakejadian. Hingga Senin (27/9) dini hari waktu Arab Saudi, PPIH Arab Saudi sudah mengidentifikasi 45 warga negara Indonesia yang menjadi korban peristiwa tersebut.

Lukman menyebutkan 41 jasad merupakan jamaah haji Indonesia dan empat lainnya mukimin atau pekerja Indonesia di Arab Saudi. "Sehingga ada 45 WNI yang menjadi korban," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement