Sabtu 21 Jan 2017 20:23 WIB

Depok Tunggu Kepastian Tambahan Kuota Haji

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Agus Yulianto
Ibadah haji
Foto: Reuters
Ibadah haji

IHRAM.CO.ID, DEPOK -- Penambahan kuota haji dari Arab Saudi kepada Indonesia, membuat peluang tambahan kuota haji untuk sejumlah provinsi, kabupaten, dan kota di Indonesia diyakini ikut bertambah. Salah satunya Kota Depok, yang berharap penambahan itu bisa saja terjadi. Namun demikian, kepastiannya masih menunggu keputusan resmi dari Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan.

“Sampai hari ini beritanya belum ada, tapi ada kemungkinan kuota untuk Depok bertambah,” ujar Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Depok, Cholik Mawardi di Balaikota Depok, Sabtu (21/1).

Menurut Cholik, Kemenag Depok masih harus menunggu keputusan dari gubernur, karena pembagian kuota di kabupaten/kota merupakan kewenangan gubenur. Dikatakannya, dalam mekanismenya, masing-masing pihak provinsi di Indonesia akan medapatkan jumlah kuota sesuai dengan keputusan dari Kementerian Agama untuk.

Kemudian setelah itu, gubernur menindaklanjuti pembagian dari kementerian tersebut ke masing-masing kabupaten/kota. "Mekanismenya seperti itu, mudah-mudahan secepatnya kabar bisa kami terima,” ucapnya.

 

Cholik menjelaskan, kuota jemaah haji Depok saat ini sebanyak 1.293 orang. Dengan adanya penambahan kuota diharapkan jumlah kuota bisa kembali ke jumlah sebelumnya pada 2013 lalu, yaitu sebanyak 1.500 orang.

Dengan penambahan ini, diharapkan bisa memotong antrean jemaah yang ada di Depok. "Pendaftar kita sudah 23 ribu jamaah untuk 2017. Dengan adanya penambahan kuota, maka akan bisa memotong antrean sebanyak 200 jamaah,” terangnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement