Kamis 20 Apr 2017 16:14 WIB

Pemerintah India Cari Cara Biaya Haji Terjangkau

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Jamaah haji India
Jamaah haji India

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Pemerintah India sedang mencari cara untuk menekan biaya haji agar lebih murah seperti biaya akomodasi dan perjalanan menuju Saudi.

Dilansir dari siasat daily, Rabu (19/4), mereka telah melakukan studi banding yang dipimpin oleh mantan pejabat Afzal Amanullah. Laporan studi banding akan dilaporkan satu bulan kedepan kepada pemerintah. 

Saat ini, item haji yang menelan biaya terbesar adalah biaya transportasi. Amanullah tidak tertarik dengan tawaran internasional untuk kerjasama Saudi dengan India dalam menyediakan penerbangan haji. Saat ini India mengalami kesulitan untuk mengamankan akomodasi dalam jangka panjang di Makkah dan Madinah. 

Selama di Saudi, Amanullah juga berbicara dengan operator haji dan pejabat India di Saudi untuk membahas peningkatan layanan bagi jamaah. Parlemen Hyderabad Asaduddin Owaisi membentuk komite untuk menghaous subsidi jamaah haji. 

Owaisi mengklaim bahwa subsidi haji 690 riyal diberikan kepada India Airlines atas nama subsidi haji bukan diberikan kepada jamaah haji. Dia bersikeras mengalihkan subsidi tersebut untuk biaya pendidikan Muslimah.

Arzal Amanullah sebagai ketua Komite sedang meninjau kebijakan haji 2013-2017 dan memberikan saran kebijakan haji untuk lima tahun ke depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement