Senin 10 Jul 2017 18:14 WIB

Penyelenggara Haji Khusus Segera Selesaikan Persiapan

Rep: LIDA PUSPANINGTYAS/ Red: Ilham Tirta
Pesiapan jamaah haji khusus (ilustrasi).
Foto: foto: damanhurizuhri/republika
Pesiapan jamaah haji khusus (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Penyelenggara program haji khusus 2017 bekerja simultan terkait persiapan, baik di dalam maupun luar negeri. Seperti Asphurindo yang saat ini fokus pada akomodasi jamaah, petugas haji, juga persiapan di dalam negeri.

Di dalam negeri, asosiasi sedang finalisasi penyusunan jadwal, baik untuk manasik maupun tes kesehatan. "Insya Allah dalam bulan ini kita sudah adakan jadwal manasik dan kesehatan suntikan ke puskesmas daerah masing-masing," kata Ketua Umum Asphurindo, Syam Resfiadi kepada Republika.co.id, Selasa (10/7).

Menurutnya, tes kesehatan juga suntik meningitis akan dipusatkan di Puskesmas Setiabudi. Sementara, persiapan akomodasi di luar negeri, travel-travel penyelenggara haji khusus di bawah Asphurindo sedang fokus pada kontrak hotel.

Syam mengatakan, beberapa kontrak sudah selesai, seperti untuk hotel menetap di Makkah dan Madinah. Namun, untuk hotel transit masih perlu finalisasi. Tim masih perlu waktu untuk mencarinya karena disesuaikan jumlah jamaah yang tiap tahun berubah.

"Selain itu, harga hotel transit pun sering kali berubah, yang juga suka naik seenak-enaknya," kata dia. Travel yang Syam pimpin, Patuna sendiri sudah menyelesaikan sejumlah kontrak hotel.

Sehingga nantinya, setelah surat rekomendasi selesai, proses bisa dilanjutkan pada pembayaran ke Muasasah untuk Tenda Armina. Proses persiapan terkait jamaah ini diharapkan sesuai dengan tenggat waktu sehingga pelaksanaannya akan mulus seperti tahun lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement