Sabtu 02 Sep 2017 14:27 WIB

KKHI Mina Silih Berganti Terima Jamaah Sakit

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Ilham Tirta
Petugas medis mengevakuasi jamaah sakit di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI). (ilustrasi).
Foto: Republika/Ani Nursalikah
Petugas medis mengevakuasi jamaah sakit di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI). (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Kondisi di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mina hari itu, Jumat (1/9), penuh dengan pasien. Kondisi tersebut juga dialami Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS).

KKHI Mina silih berganti menerima jamaah yang sakit. Hampir semua tempat tidur penuh pasien. Infus-infus bergelantungan dan sebagian besar jamaah dibantu bernapas dengan oksigen.

Sebagian besar pasien yang datang mengalami serangan panas dan dehidrasi. Selain itu, kelelahan yang dialami jamaah memicu penyakit penyertanya. "Jadi mohon pengertian semua pihak untuk dapat menerapkan strategi promotif preventif seperti yang sudah kita terapkan pra-Armina," kata Kepala Subseksi KKHI Madinah yang bertanggung jawab dalam operasional KKHI Mina, Ika Nurfarida Sholeh, Jumat (1/9). 

Dia meminta jamaah haji mematuhi imbauan yang disampaikan tenaga kesehtan. Tim kesehatan juga diminta melakukan pertolongan semaksimal mungkin dengan sumber daya yang ada.

Ika mengatakan, tim kunjungan dari KKHI Mina fokus pada pemulangan pasien dari Rumah Sakit Arab Saudi sehingga sistem rujukan bisa terus berjalan. "Tenaga Kesehatan Haji Indonesia diharap pro-aktif menelusuri jamaahnya dan siap melanjutkan perawatan di maktab," ujarnya.

Pasien yang telah mendapatkan perawatan di KKHI Mina dan kondisinya stabil diantar kembali ke maktabnya oleh petugas. Mereka diantar dengan ambulans. 

Namun, kondisi jalan yang padat membuat mobil sulit bergerak menembus kerumunan jamaah haji. Jika sudah begitu, jamaah akan diantar dengan motor jadul Astuti (Astrea Tujuh Tiga). Motor bebek berwarna merah itu juga mengantar jamaah yang tersesat dan terpisah dengan rombongannya hingga ke maktab.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement