Rabu 07 Mar 2018 13:21 WIB

Komisi Haji Nigeria Disarankan Turunkan Biaya Haji

Penurunan biaya haji diharapkan dapat mempermudah umat Islam berangkat haji.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Agung Sasongko
Jamaah Haji Nigeria
Foto: indonesia.irib
Jamaah Haji Nigeria

IHRAM.CO.ID,LAFIA -- Emir salah satu kota di Nassarawa State, Lafia mendesak National Hajj Commission of Nigeria (NAHCON) menurunkan biaya haji 2018. Emir Isa Mustapha-Agwai menyampaikannya pada para pejabat Nasarawa State Muslims Pilgrims Welfare Board ketika berkunjung ke istananya.

Dilansir Daily Trust, Rabu (7/3), ia memperingatkan bahwa kenaikan biaya haji akan menyulitkan Muslim Nigeria untuk menunaikan ibadah. Haji adalah salah satu pilar Islam. Sehingga penting bagi negara untuk membuat penduduknya dapat menjangkau ibadah.

Mustapha-Agwai memberikan saran pada NAHCON untuk berembuk dengan pihak kepresidenan negara dan otoritas Saudi. Agar mengupayakan penurunan harga sehingga lebih banyak Muslim yang bisa berangkat melaksanakan haji.

Sebelumnya, Sekretaris Eksekutif NAHCON, Abubakar Nalarba mengatakan kunjungan ke istana Emir adalah bagian dari advokasi lembaga. Mereka ingin memberikan pemahaman lebih pada calon jamaah terkait ibadah haji.

Selain itu, agar jamaah mendapatkan sosialisasi terkait inovasi terbaru otoritas Saudi tentang haji. Seperti pajak pertambahan nilai juga perekaman data biometrik. Diduga, inovasi-inovasi ini yang meningkatkan biaya haji dari 1 juta naira pada 2017 jadi 1,5 juta naira pada 2018.

Pelunasan biaya haji ini akan berakhir pada 31 Maret 2018. Naralaba mengatakan bahwa jamaah yang sudah melunasi biaya akan langsung melakukan perekaman data biometrik. Tujuh pusat perekaman data telah disiapkan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement