Jumat 06 Jul 2018 16:17 WIB

Komisi Haji Nigeria Siapkan Skema Tabungan Haji

Skema ini berdurasi lima tahun.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Agung Sasongko
Rombongan haji Nigeria bersiap masuk pesawat.
Foto: Daily Post Nigeria
Rombongan haji Nigeria bersiap masuk pesawat.

IHRAM.CO.ID,ABUJA -- Komisi Haji Nasional Nigeria (NAHCON) akan memulai inisiatif skema menabung untuk berhaji bagi penduduknya. Ketua Eksekutif NAHCON, Alhaji Abdullahi Muhammad menyampaikan ini setelah pertemuan membahas persiapan akhir Haji 2018 pada hari Kamis (5/7) di Abuja.

Ia mengatakan Hajj Savings Scheme adalah cara mendaftarkan diri bagi yang berkeinginan melakukan haji dalam lima tahun ke depan. Abdullahi Muhammad mengatakan inisiatif ini adalah cara terbaik untuk mengatasi tantangan pendaftaran tahunan.

Calon peziarah bisa menabung dalam jangka waktu yang lebih lama sehingga mereka bisa memenuhi biaya sebelum berangkat. Muhammad menjelaskan bahwa NAHCON telah mengajukan skema ini pada Pemerintah Federal untuk menyesuaikan dengan kerangka hukum.

NAHCON juga berkoordinasi dengan dewan pengawas yang akan mengelola skema tersebut. Ia mengatakan bahwa semua dewan, agen perjalanan dan komisi kesejahteraan peziarah negara bagian telah diarahkan untuk mendaftarkan setiap penduduk yang berniat dan ingin melakukan haji dalam lima tahun ke depan.

Dia menyatakan optimisme bahwa pembentukan skema itu akan mengakhiri kesulitan pembayaran tahunan tarif haji. Sementara, Muhammad juga menyampaikan hasil pertemuan pada Kamis bertujuan membahas laporan semua pemangku kepentingan dalam haji.

"Kami telah meninjau apa yang telah dipersiapkan dan kami yakin bahwa Haji 2018 akan menjadi versi perbaikan dari Haji 2017," kata dia dilansir The Eagle Online.

Ia mengimbau penduduk untuk mulai mendaftarkan diri untuk haji dalam skema yang baru. Siapa saja yang tertarik melakukan haji dalam lima tahun ke depan bisa menghubungi dewan kesejahteraan peziarah negara bagian dan menyetorkan uangnya.

Muhammad mengatakan bahwa berdasarkan kebijakan Kebijakan Haji Arab Saudi, semua persiapan haji diperkirakan akan memakan waktu setidaknya satu bulan sebelum dimulainya keberangkatan. Otoritas Saudi dalam mendata dan menyediakan segala akomodasi dalam jangka waktu tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement