Selasa 26 Mar 2019 23:14 WIB

LSM Nigeria Usulkan Dana Pensiun bagi ASN untuk Berhaji

Penggunaan dana pensiun hanya untuk mereka yang setuju.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nashih Nashrullah
Jamaah Haji Nigeria (ilustrasi)
Foto: vanguardngr
Jamaah Haji Nigeria (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, ABUJA — Lembaga swadaya masyarakat Reporter Haji Independen (IHR) menyerukan pembentukan bank keuangan mikro haji. Bank tersebut ditujukan untuk mendukung segala kegiatan ibadah haji.  

Seperti dilansir di //Premium Times Nigeria// pada Selasa (26/3), IHR juga meminta Pemerintah Nigeria menerapkan kebijakan baru yang memungkinkan aparat sipil negara (ASN) di negara tersebut melaksanakan ibadah haji menggunakan dana pensiun masing-masing. 

Baca Juga

Seruan itu tertera dalam pernyataan yang ditandatangani Koordinator Nasional IHR Ibrahim Muhammad dan Sekretaris Publikasi IHR Abubakar Mahmoud.  

Organisasi masyarakat sipil yang memantau kegiatan haji di Nigeria dan Arab Saudi itu juga mengusulkan pengurangan bulanan penghasilan pegawai pemerintah yang setuju, untuk mensubsidi kursi haji. 

Alasannya, peningkatan global dalam biaya pengeluaran haji di beberapa negara, telah menggunakan sistem yang memungkinkan warganya menyatukan sumber daya bersama-sama. 

Tujuannya, memudahkan kewajiban keuangan haji dibandingkan dengan pembayaran langsung.

Karena itu, IHR beranggapan Komisi Haji Nasional Nigeria (NAHCON) dapat bermitra dengan Komisi Pensiun Nigeria (PenCom) untuk menciptakan arsitektur kebijakan yang memungkinkan pegawai negeri sipil menggunakan dana pensiun untuk pembayaran haji. 

Mereka menuntut skema tersebut harus dimasukkan ke dalam skema tabungan haji yang diusulkan setiap tahun. n Umi Nur Fadhilah

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement