Sabtu 04 Apr 2020 14:43 WIB

Tips Menjalani Ibadah Haji dengan Nyaman

Siapkan obat-obatan sendiri dan jangan bergantung pada orang lain.

Tips Menjalani Ibadah Haji dengan Nyaman.
Foto:

Pakaian

Kelembaban udara di Arab Saudi sangat rendah. Kecuali saat berjejalan thawaf, tubuh praktis tak berkeringat. Udara juga tak banyak berdebu. Maka, pakaian relatif awet. Jika dicuci juga cepat kering. Satu koper kecil pakaian telah memadai.

Makan secukupnya

Tubuh lelah dan udara kering sering membuat nafsu makan hilang. Jika itu terjadi, paksakan diri untuk makan secukupnya. Apa pun rasanya. Jangan lupa, makan buah segar, seperti semangka atau jeruk.

Hindari berdebat

Godaan untuk berdebat sering muncul, terutama menyangkut soal mana yang lebih utama atau afdhal. Diskusilah seperlunya atau tanya pada pembimbing. Selebihnya laksanakan dengan khusyuk.

Ziarah

Ibadah haji (juga umrah) merupakan ibadah ziarah menelusuri jejak Rasulullah SAW dan Nabi Ibrahim AS. Pelajari kisah mereka seputar masalah haji. Resapi makna setiap langkah beliau. Kenali tempat-tempat dulu beliau berada.

photo
Jamaah Indonesia ketika berbelanja di toko Ali Murah kompleks Pasar Balad, Jeddah. Karena banyaknya pembeli asal Indonesia, transaksi di Pasar Balad bisa menggunakan uang rupiah - (Republika/Yogi Ardhi)

Belanja seperlunya

Belanja di Arab Saudi tentu boleh saja. Apalagi hal itu sebagai oleh-oleh dari tanah suci. Tapi harus diingat tujuan utama perjalanan Anda adalah beribadah dan bukan yang lain.

Selain itu, jamaah biasanya begitu datang (masih masa-masa awal beribadah) sudah suka berbelanja, padahal perjalanan masih panjang dan persiapan uang yang dibutuhkan pun masih banyak. Selain harga-harga tidak murah bila diukur dengan kurs rupiah, juga merepotkan perjalanan.

Baca juga: Merencanakan Naik Haji dengan Dana Terbatas

sumber : Arsip Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement