Sabtu 17 Apr 2021 05:07 WIB
des

Mengenang Keanggunan Jembatan Mostar Peninggalan Ottoman

Bukti kejayaan Ottoman di Eropa

Jembatan Mostar beserta pemandangan pegunungan dan bunga berwarna merah.
Foto:

Di kawasan Balkan, dinasti Ottoman tercatat sebagai penguasa Muslim yang paling berkibar dalam sejarah. Ini karena mereka pernah menguasai serta memerintah Eropa selama 500 tahunan.

Dan khusus untuk bentuk bangunan, jembatan ini memiliki ciri lengkungan dengan dua benteng sebagai pintu di sisi barat dan timur.

Saking uniknya, Stari Most juga dikenal sebagai landmark Bosnia. Jembatan ini juga dianggap sebagai pengusung gaya arsitektur Islam Balkan. 

Dan bagi anda penyuka pertunjukan yang menaikan adrenalin, atraksi  melompat dari atas jembatan untuk mencebur ke Sungai Neretva menjadi tontonan sangat menarik.

Setiap kali para turis datang, beberapa lelaki dari pinggir dinding jembatan menyerukan atraksinya melompat dari atas jembatan ke dalam air sungai itu. Uniknya, dia baru beraksi bila dari pengunjung sudah terkumpul uang tips minimal hingga 30 dolar AS.

Alhasil, maka para pengunjung secara suka rela ramai-ramai memberikan tipsnya. Mereka ingin melihat beberapa lelaki itu terjun dari atas jembatan ke dalam air sungai dari ketinggian 24 meter  asudah merupakan uji nyali. dan patut diketahui, atraksi bukan hanya berlangsung pada waktu akhir-akhir ini saja, namun aksi terjun dari jembatan Mostar tersebut nsudah berlangsung lebih dari 400 tahun.

Emil Petrovic, adalah salah satunya remaja yang rela menjadi penerjun itu. Dia masih berusia 16 tahun. Bahkan bisa disebut termuda di antara para penerjun lainnya.

“Di kota ini, sudah menjadi kewajiban bagi remaja pria seusia saya untuk terjun dari Stari Most," katanya.

Sir Tahukah Anda Mengapa Yugoslavia Pecah Jadi Enam Negara? | Republika  Online

Keterangan foto: Para pelancong berfoto di tubir jembatan Mostar.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement