Selasa 27 Apr 2021 22:18 WIB

Kemenag Susun Alur Pergerakan Jamaah Jika Haji Dibuka

Kemenag menyiapkan delapan tahapan yang harus dilalui jamaah.

Kemenag Susun Alur Pergerakan Jamaah Jika Haji Dibuka. Jamaah haji Indonesia menghabiskan waktu untuk beribadah di Masjidil Haram.
Foto:

Keenam, selesai melakukan seluruh proses haji di Makkah, jamaah akan diberangkatkan ke Madinah. Setibanya, jamaah ditempatkan di hotel-hotel yang telah ditentukan dengan komposisi satu kamar maksimum ditempati dua orang.

Jamaah akan tinggal di Madinah selama tiga hari, sehingga tidak ada pelaksanaan sholat Arbain. Ketujuh, jamaah haji akan dipulangkan melalui bandara Madinah dan mesti dilakukan tes PCR.

Jika hasilnya negatif, jamaah haji dipulangkan ke Tanah Air namun apabila hasilnya positif akan dilakukan isolasi mandiri pada hotel di Madinah. Terakhir, setibanya di Indonesia dilakukan tes swab antigen di Asrama Haji.

Jika hasilnya negatif, jamaah haji dipulangkan ke daerah masing-masing dan melakukan karantina mandiri di rumah dan apabila hasilnya positif akan dilakukan isolasi mandiri di asrama haji. "Kesimpulannya, selama proses penyelenggaraan haji, jamaah,dan petugas wajib menerapkan protokol kesehatan. Memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, serta membatasi interaksi dan mobilitas," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement