Selasa 08 Jun 2021 03:37 WIB

Semua yang Harus Diketahui tentang Haji 2021

Haji dan umrah merupakan komponen utama dari Visi Saudi 2030.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Jemaah haji mengelilingi Ka
Foto:

Haji adalah salah satu dari lima rukun Islam dan kewajiban sekali seumur hidup bagi setiap Muslim yang mampu. Jutaan umat Muslim melakukan ziarah ke tempat-tempat suci Islam di kota Makkah dan Madinah, dimulai pada hari kedelapan Dzulhijjah, bulan terakhir dalam kalender Islam.

Haji adalah pengalaman spiritual tertinggi bagi Muslim yang taat, kesempatan untuk memulai dari awal dan merayakan semangat persatuan dalam Islam. Semua peziarah diharuskan melakukan ritual yang sama yang diajarkan oleh Nabi Muhammad, untuk mengingatkan mereka bahwa mereka semua sama di hadapan Tuhan.

Tahun ini, 2021, haji diharapkan akan dimulai pada 17 Juli. Ziarah memakan waktu tiga hari tetapi sebagian besar peziarah memperpanjang masa tinggal mereka selama seminggu untuk berdoa di kota-kota suci Makkah dan Madinah.

Selama haji, untuk umrah, laki-laki memakai dua lembar kain putih polos untuk menutupi tubuh bagian atas dan bawah, sedangkan perempuan harus memakai pakaian sederhana yang menutupi tubuh mereka sampai mata kaki dan selendang untuk menutupi rambut mereka. Pakaian biasanya berwarna putih, meskipun tidak ada batasan warna.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement