Selasa 08 Jun 2021 03:37 WIB

Semua yang Harus Diketahui tentang Haji 2021

Haji dan umrah merupakan komponen utama dari Visi Saudi 2030.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Jemaah haji mengelilingi Ka
Foto:

Pada hari pertama, umat Islam melakukan umrah, yang meliputi Tawaf dan Sa'i. Yang pertama melibatkan mengelilingi Ka'bah, situs paling suci dalam Islam, yang dibangun oleh Nabi Ibrahim dan putranya Ismail, di Masjidil Haram di Mekah. Yang terakhir, peziarah berjalan tujuh kali di antara dua bukit, yang disebut Safa dan Marwa, di kompleks masjid.

Setelah Umrah, umat Islam melakukan perjalanan ke Mina, sebuah situs suci di tenggara Mekkah, dengan layanan antar-jemput dan berkemah di sana dalam tenda semalaman. Mina, juga dikenal sebagai kota tenda, dapat menampung hingga tiga juta orang.

Pada hari kedua, peziarah melakukan perjalanan ke Gunung Arafat, lima kilometer dari Mekah, tempat Nabi menyampaikan khotbah terakhirnya. Peziarah menghabiskan hari berdoa di Arafah sampai matahari terbenam, kemudian berjalan tujuh kilometer ke tempat suci ketiga, Muzdalifah. Di sana, mereka melakukan salat matahari terbenam dan malam dan menghabiskan malam dengan berdoa di bawah langit terbuka. 

Pada pagi ketiga, para peziarah mengumpulkan kerikil dan kembali ke Mina untuk upacara rajam. Mereka melempar tujuh kerikil masing-masing di Jamrat Al Aqabah, sebuah monumen batu yang menandakan godaan setan, antara matahari terbit dan terbenam.

Tiga tindakan penutup para peziarah termasuk mengorbankan seekor hewan untuk memberi makan orang yang membutuhkan, yang dapat dilakukan dengan membeli voucher, memotong atau mencukur rambut mereka dan kembali ke Mekah untuk umrah lainnya. Kebanyakan wanita memotong beberapa helai rambut sementara pria lebih suka mencukur kepala mereka.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement