Sabtu 10 Jul 2021 08:50 WIB

Taliban Klaim Kuasai Sebagian Besar Wilayah Afghanistan

Taliban mendapat keuntungan signikan dari penarikan pasukan asing dari Afghanistan.

Pasukan Taliban bersiap untuk melakukan pertempuran di distrik Ghorband di provinsi Parwan, Afghanistan.
Foto:

Kenyataan di lapangan

Ditanya tentang berapa banyak wilayah yang dikuasai Taliban, juru bicara Pentagon John Kirby menolak berkomentar langsung. “Mengklaim wilayah atau mengklaim tanah tidak berarti Anda dapat mempertahankannya atau mempertahankannya dari waktu ke waktu,” katanya dalam sebuah wawancara dengan CNN.

“Jadi saya pikir sudah waktunya bagi pasukan Afghanistan untuk turun ke lapangan – dan mereka berada di lapangan – dan untuk membela negara mereka, rakyat mereka. Mereka punya kapasitas, mereka punya kemampuan. Sekarang saatnya untuk memiliki keinginan itu.”

Di Afghanistan, seorang komandan anti-Taliban terkemuka mengatakan dia akan mendukung upaya pasukan Afghanistan untuk merebut kembali kendali atas bagian-bagian Afghanistan barat, termasuk penyeberangan perbatasan dengan Iran.

photo
 
Keterangan foto: Banyak tentara Afghanistan telah menyerahkan pos terdepan mereka dalam menghadapi serangan Taliban yang meningkat. - (DW.com)

Mohammad Ismail Khan, yang dikenal luas sebagai Singa Herat, mendesak warga sipil untuk bergabung dalam pertempuran. Dia mengatakan ratusan warga sipil bersenjata dari provinsi Ghor, Badghis, Nimroz, Farah, Helmand dan Kandahar telah datang ke rumahnya dan siap untuk mengisi kekosongan keamanan yang diciptakan oleh penarikan pasukan asing.

Khan, seorang komandan veteran pejuang yang membantu pasukan AS menggulingkan Taliban pada 2001, berjanji untuk mendukung pasukan pemerintah. "Kami akan segera pergi ke garis depan dan dengan bantuan Tuhan mengubah situasi," kata Khan kepada wartawan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement