Ahad 25 Jul 2021 20:22 WIB

Bung Tomo Wafat di Arafah

Jenazah Bung Tomo sempat dimakamkan di Tanah Suci.

Bung Tomo Wafat di Arafah. Bung Tomo
Foto:

Dua hari berikutnya adalah hari wukuf di Arafah yang mesti ditunaikan bagi siapa pun yang berhaji dan tidak bisa diwakilkan. Maka ia pun pada 9 Dzulhijjah melakukan wukuf di Arafah. Meski berangkatnya ke Arafah, karena sakit, ditandu.

Selagi wukuf di Arafah itulah, Allah memanggilnya pulang ke rahmatullah. Jenazahnya dimakamkan di Tanah Suci. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un.

Atas ikhtiar keluarga almarhum, diwakili Bambang Sulistomo (putra kedua), pemindahan kerangka jenazah Bung Tomo dari Tanah Suci ke Tanah Air terselesaikan sudah. Fatwa MUI dan bantuan diplomasi dari Dep Luar Negeri memudahkan urusan pemindahan.

Keberangkatan Bambang Sulistomo bersama dua dokter ahli forensik dari Jakarta ke Mekkah berhasil. Para petugas yang menguburkan waktu itu pun bisa ditemukan.

Dalam mengidentifikasi jenazah Bung Tomo tidak mengalami kesulitan dan ditemukan. Dengan pesawat Hercules TNI, jenazahnya diterbangkan ke Tanah Air. Keluarga sepakat, jenazahnya dimakamkan di Ngagel Rejo, Jl Bung Tomo, Surabaya. Akhirnya, meski terlambat, Pemerintah menetapkan Bung Tomo (Sutomo), pada tahun 2008, sebagai pahlawan nasional.

Sumber: Majalah SM Edisi 21 Tahun 2018

Link artikel asli

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement