Senin 09 Aug 2021 14:41 WIB

Motivasi KH Nachrowi Thohir Kembangkan Pendidikan Islam (I)

KH Nachrowi Thohir mendirikan Madrasah Muslimin Nahdlatul Wathan (NW).

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Madrasah (ilustrasi)
Foto:

Bahkan, beberapa sumber menyebutkan Nachrowi sebenarnya sempat merantau ke Tanah Suci untuk menunaikan rukun Islam kelima sekaligus juga mendalami ilmu-ilmu agama. Hingga saat itu, namanya semakin dikenal sebagai seorang alim yang saleh dan tawadu.

Masyarakat memanggilnya sebagai kiai dan memandangnya selaku panutan. Seusai dari Madura, KH Nachrowi memutuskan untuk kembali ke kampung halamannya. Kepulangannya disambut gembira penduduk setempat.

Fokus pendidikan Di Malang, reputasi KH Nachrowi menarik perhatian seorang saudagar kaya asal Jagalan, KH Abdul Hadi. Waktu itu, ulama muda tersebut belum menikah. Maka Kiai Abdul Hadi berinisiatif untuk menikahkan putrinya dengan pria alumnus Tebuireng tersebut.

Pernikahan itu berlangsung lancar. Suatu hari, Kiai Abdul Hadi memanggil menantunya itu untuk mengungkapkan kegelisahannya perihal situasi umat. Sebab, waktu itu pemerintah kolonial sangat membatasi ruang gerak Muslimin untuk bisa maju.

Bahkan, sejak awal abad ke-20 Be landa menerapkan Politik Etis yang, antara lain, memperkenalkan sistem pengajaran Barat kepada penduduk pribumi.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement