Komisi Haji Nigeria Alokasikan 860 Kursi untuk Negara Bagian Yobe

Jumat , 20 May 2022, 13:10 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Ani Nursalikah
Jamaah Haji Nigeria (ilustrasi). Komisi Haji Nigeria Alokasikan 860 Kursi untuk Negara Bagian Yobe
Jamaah Haji Nigeria (ilustrasi). Komisi Haji Nigeria Alokasikan 860 Kursi untuk Negara Bagian Yobe

IHRAM.CO.ID, ABUJA -- Komisi Haji Nasional Nigeria (NAHCON) telah mengalokasikan 860 kuota haji kepada negara bagian Yobe untuk melaksanakan ibadah di musim haji 2022. Informasi ini disampaikan Ketua Eksekutif Komisi Haji Yobe, Bukar Kime, saat diwawancara oleh media lokal.

 

Terkait

Dari total kuota tersebut, ia mengatakan 516 kursi akan dialokasikan untuk calon jamaah dengan Skema Tabungan Haji Bank Jaiz. Sementara 344 kursi sisanya disediakan untuk calon jamaah di bawah Skema Pay-As-You-Go.

Baca Juga

Kime mengatakan sebagian besar peziarah yang akan melaksanakan ibadah haji di bawah Pay-As-You-Go telah menyetor uang kepada Komisi Haji sejak 2019. Komisi Haji sendiri menyarankan mereka meningkatkan deposit menjadi 2.565.265 naira atau setara Rp 90.585.453 per kursi.

“NAHCON belum merilis tarif pasti untuk haji 2022, yang akan didasarkan pada semua komponen haji. Akibatnya, kami memperkirakan biayanya 2,5 juta Naira per kursi, sembari menunggu rilis tabulasi dari NAHCON," ucap dia dikutip di Daily Nigerian, Jumat (20/5/2022).

Bergantung pada angka yang nantinya dikeluarkan oleh komisi, calon jamaah haji disebut akan diminta menyelesaikan pembayaran mereka atau menerima pengembalian dana. Lebih lanjut, ia mengatakan komisi telah memulai pelatihan sensitisasi mingguan untuk calon jamaah haji. Selain itu, mereka juga sudah mulai mengadakan sosialisasi terkait aturan dan kebijakan yang perlu diperhatikan selama pelaksanaan ibadah tersebut.

Kime mengatakan, wajib bagi setiap calon jamaah haji menerima vaksinasi Covid-19 setidaknya 72 jam sebelum keberangkatannya ke Arab Saudi. Kebijakan lain dari ibadah haji tahun ini adalah tidak diperuntukkan bagi wanita hamil, atau individu berusia 65 tahun ke atas dan anak-anak di bawah 18 tahun. Terakhir, ia mengatakan negara bagian sedang menunggu komunikasi dari NAHCON pada pertemuan pra-haji, untuk menyelesaikan pengaturan akomodasi dan makan jamaah.

https://dailynigerian.com/nahcon-allocates-hajj-seats/

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini