Rabu 19 Apr 2017 15:27 WIB

Tahun 2022, India Hapus Subsidi Haji

Rep: Qommaria Rostanti/ Red: Agung Sasongko
Muslim India menggelar aksi demontrasi menentang ISIS di Kolkata, India, Rabu (18/11).
Foto: Reuters/Rupak De Chowdhuri
Muslim India menggelar aksi demontrasi menentang ISIS di Kolkata, India, Rabu (18/11).

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Komite Tinggi Kebijakan Haji India mengadakan pembicaraan ekstensif dengan pihak berwenang Arab Saudi terkait upaya mengurangi biaya haji. Pasalnya Pemerintah India berencana menghapus total subsidi haji pada 2022.

Ketua Komite Tinggi Kebijakan Haji India, Afzal Amanullah, akan menyerahkan laporan hasil pembicaraan dengan Saudi kepada Pemerintah India dalam waktu satu bulan. Pemerintah akan membuat kebijakan haji untuk periode lima tahun yang dimulai pada 2018 berdasarkan rekomendasi dari komite tersebut.

Sebelumnya, Pemerintah India telah membentuk sebuah komite beranggota enam orang untuk memberikan laporan mengenai cara-cara untuk memperbaiki kebijakan haji India. Komite juga bertugas mempertimbangkan masalah subsidi haji sesuai putusan Mahkamah Agung untuk mengurangi subsidi haji sehingga pada 2022 sunsidi tersebut bisa dihilangkan secara total.

Amanullah mengatakan komite telah berunding dan bermusyawarah dengan hampir semua pemangku kepentingan di India dan Arab Saudi. Perundingan mencakup segala sesuatu yang berkaitan dengan peningkatan fasilitas dan layanan untuk jamaah haji India.

"Kami mendorong supaya jamaah bisa menunaikan kewajiban ibadah haji mereka dengan ongkos terjangkau dan harga masuk akal untuk akomodasi perjalanan mereka," ujar Amanullah seperti dilansir dari Zawya, Rabu (19/4). 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement