Ahad 06 Jun 2021 10:38 WIB

Kisah Kesemarakan Haji-Umroh India Sebelum Tertelan Pandemi

Kesemarakan haji-umroh dari India yang kini Hilang tertelşn pandemi

Calon jamaah haji India permit pergi haji dengan mezminta restu ibu dan keluarganya.
Foto:

Menskalakan bisnis

Ada satu rintangan utama yang dihadapi agen perjalanan untuk meningkatkan pasar wisatawan haji – kuota. Arab Saudi membatasi jumlah peziarah yang diizinkan oleh negara untuk dikirim ke haji setiap tahun. Dan pemerintah India hanya mengizinkan agen perjalanan domestik untuk menjual maksimal 150 paket per musim.

Tahun ini, Arab Saudi meningkatkan total alokasi tempat haji India sebesar 30.000 menjadi total 200.000, memudahkan akses ke situs paling suci Islam bagi 140 juta komunitas Muslim di India.

“Bagian dari peningkatan kuota haji substansial India adalah latihan mengejar setelah pemerintah Saudi membatasi jumlah antara 2013 dan 2016 sementara mereka memperluas infrastruktur mereka,” Sean McLoughlin, Profesor Antropologi Islam di Universitas Leeds, mengatakan kepada Al Jazeera.

Pemerintah India menjalankan  semacam undian (di Indonesia dengan urutan) untuk mengirim jamaah haji. Tetapi selalu kelebihan permintaan. Tahun 2019, 267.000 pelamar bersaing hanya untuk 140.000 tempat, menurut Komite Haji India.

Operator tur swasta dialokasikan 30 persen dari kuota peziarah yang dialokasikan di India – dan mereka berusaha memanfaatkan pasar itu sebaik-baiknya. Paket mulai dari lebih dari $ 4.220 per peziarah dan sering menawarkan fasilitas yang tidak dimiliki 'lotere' pemerintah, seperti hotel yang lebih nyaman, opsi transportasi yang lebih nyaman, dan beberapa fleksibilitas dengan tanggal.

Patel mengatakan dia berkonsentrasi pada kemewahan "untuk menyebarkan jaringan" dan untuk melayani ceruk pasar pelanggan yang mampu membeli kemewahan bintang lima. Operator tur juga telah menemukan cara untuk memanfaatkan ziarah haji untuk menjual liburan "tambahan" seperti seminggu di negara-negara terdekat seperti Irak atau Turki.

Dan wisata religi tidak harus dimulai dengan haji. Umrah adalah bisnis dengan volume lebih tinggi yang berjalan sepanjang tahun. Seringkali cukup terjangkau bagi orang India kelas menengah untuk terlibat setiap tahun, tur umrah dapat digunakan sebagai batu loncatan bagi agen perjalanan untuk memenangkan bisnis haji ketika pelanggan siap untuk berziarah.

“Dengan biaya satu tiket haji, seluruh keluarga bisa pergi umrah,” Irfan Motiwala, sekretaris jenderal Asosiasi Penyelenggara Tur Haji Umrah Seluruh India, mengatakan kepada Al Jazeera. “Keluarga bepergian beberapa kali dengan cara ini, lalu idealnya kembali ke agen yang sama untuk haji, yang pembeliannya lebih mahal, jadi ini pasar yang penting.”

Keterangan foto: Zameer Razvi (kanan) mengantar ibunya Kauser Parveen, (kiri) dan delapan kerabat lanjut usia lainnya sejauh 375km dari rumah mereka di Aurangabad ke Mumbai, di mana mereka memulai haji tahun ini [Tish Sanghera/Al Jazeera] 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement