Ahad 06 Jun 2021 10:38 WIB

Kisah Kesemarakan Haji-Umroh India Sebelum Tertelan Pandemi

Kesemarakan haji-umroh dari India yang kini Hilang tertelşn pandemi

Calon jamaah haji India permit pergi haji dengan mezminta restu ibu dan keluarganya.
Foto:

Berhaji pakai operator negara dianggap lebih menjamin

Meskipun lebih banyak peziarah yang bepergian dengan operator tur swasta, beberapa masih lebih suka menunggu giliran dalam undian naik haji yang dikelola pemerintah. Laporan berita tentang penipu menipu individu yang rentan – menjanjikan tarif rendah dan menghilang dengan tabungan seumur hidup – tidak jarang, dan telah membuat beberapa peziarah waspada.

“Kami belum pernah mendengar ada orang yang memiliki masalah dengan Komite Haji, jadi kami hanya ingin bepergian dengan mereka,” kata Zameer Razvi, 32 tahun, yang mengawal delapan anggota keluarga lanjut usia dari rumah mereka yang sangat terpencil. Wilayah itu adalah berada di Aurangabad atau sekitar 375 KM dari Mumbai di mana mereka akan mengejar penerbangan mereka.

“Ini bukan tentang uang, sungguh, [karena] sebagian besar jemaah haji lebih memilih Komite Haji daripada operator tur swasta bahkan jika mereka mampu membayar lebih banyak biaya, karena risikonya lebih kecil,” katanya kepada Al Jazeera.

“Panitia haji dapat dipercaya, dan ini adalah cara yang tepat untuk melakukannya. Kami tidak begitu tertarik dengan pilihan mewah di Makkah.”

Komite Haji menyimpan daftar operator tur yang disetujui di situs webnya dan, tahun ini, jumlahnya 725. Tetapi tingkat buta huruf yang tinggi membuat sulit untuk menyebarkan informasi itu secara luas, seorang pejabat di Komite Haji India mengatakan kepada Al Jazeera.

“Sulit mendengar orang-orang yang telah bekerja di jalanan sebagai chai wallah [penjual teh] sepanjang hidup mereka dan kemudian kehilangan semua tabungan mereka,” katanya. “Tapi masalah ini tidak terkait dengan haji saja, dan sayangnya terjadi sepanjang tahun.”

One of the benefits of winning a place in the Indian government-run lottery for Hajj is the chance to stay at a Hajj house and receive instructions on rituals from an imam prior to departing for the pilgrimage [Tish Sanghera/Al Jazeera]

Keterangan foto: Bimbingan manasik kepada calon jamaah haji di India.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement