Ahad 06 Jun 2021 10:38 WIB

Kisah Kesemarakan Haji-Umroh India Sebelum Tertelan Pandemi

Kesemarakan haji-umroh dari India yang kini Hilang tertelşn pandemi

Calon jamaah haji India permit pergi haji dengan mezminta restu ibu dan keluarganya.
Foto:

Ada manfaat lain untuk bertahan di tempat pemerintah, seperti tinggal di salah satu Rumah Haji ikonik yang tersebar di seluruh negeri pada hari sebelum bepergian. Di sini, setiap peziarah menerima vaksinasi, menghadiri sesi pengajaran yang dipimpin imam tentang ritual yang dilakukan di Makkah, dan mendapatkan kartu SIM gratis dari perusahaan telekomunikasi Saudi.

Memberikan layanan ini kepada 140.000 peziarah di bawah pengawasan Komite Haji adalah “latihan yang signifikan”, dengan perencanaan haji 2020 dimulai “hanya 15 hari setelah penerbangan terakhir ke tanah Makkah”, kata pejabat itu.

Biaya penyediaan layanan haji telah turun sejak tahun lalu ketika pemerintah menghentikan subsidi tiket pesawat untuk jamaah haji. Meskipun biaya perjalanan untuk beberapa peziarah di negara bagian timur seperti Benggala Barat dan Assam telah naik, India diperkirakan masih akan mengirimkan jumlah peziarah haji terbesar kedua setelah Indonesia.

Annual Haj pilgrimage on, newly built Haj House in Ghaziabad stands locked  | Hindustan Times

Keterangan foto: Asrama Haji di India disebut Rumah Haji. Bangunan ini didirkan dengan biaya sampai Rs 50 crore selama pemerintahan Partai Samajwadi. Mantan Ketua Menteri UP Akhilesh Yadav telah meresmikan fasilitas tersebut, yang terletak di dekat sungai Hindon yang berdekatan dengan Jalan GT. (Sakib Ali/HT Photo)

Duduk di salah satu asrama di Rumah Haji Mumbai, beberapa jam sebelum melakukan perjalanan yang ditunggu-tunggu ke Makkah, ibu Razvi, Kauser Parveen, diliputi emosi. 

“Kami merasa sangat bersyukur bisa melakukan perjalanan ini, ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan bagi setiap Muslim,” kata Parveen, seorang pensiunan guru. “Sungguh, saya terlalu senang, dan saya tidak bisa mengungkapkannya dengan kata-kata.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement