Kamis 01 Jul 2021 10:08 WIB

Saudi Umumkan Rencana Operasional Haji Tahun 2021

Terjadi penambahan layanan kepada ibadah haji di tahun 2021

Jamaah haji wukuf di Arafah selama pandemi Covid-19 pada tahun 2020.
Foto:

Robot akan membagikan botol Air Zamzam

Sudais kemudian mencontohkan, rencana Kepresidenan untuk musim haji tahun 2021 ini bertumpu pada beberapa pilar. Hal itu adalah keramahan yang bertujuan untuk menonjolkan nilai-nilai kedermawanan dan keramahan dalam memberikan pelayanan kepada jamaah Masjidil Haram, yang bersumber dari agama dan ajaran yang benar.

Hal itu diindikasikan oleh Sheikh Al-Sudais dengan rencama mendistribusikan botol air Zamzam kepada peziarah selama musim haji tahun ini dengan  menggunakan teknik kecerdasan buatan terbaru. Nantinya botol air Zamzam akan dibagikan melalui robot pintar dan kendaraan berteknologi tinggi, untuk menyediakan air dingin dan disterilkan, sesuai dengan kontrol dan prosedur pencegahan pandemi Covid-19.

COVID-19: Saudi Arabia now uses robots to give away Zamzam water | Saudi –  Gulf News

Dia juga mengatakan bahwa Kepresidenan akan menyediakan lebih dari 800 kendaraan "manual dan listrik, tunggal atau ganda" untuk memfasilitasi pergerakan di dalam Masjidil Haram dan halamannya. Diharapkan adanya fasilitas ini akan semakin memudahkan kinerja ritual bagi orang tua dan orang-orang dengan kebutuhan khusus di antara para peziarah.

Dia mengatakan Kepresidenan kini telah merekrut hingga 5.000 pekerja untuk mensterilkan seluruh Masjidil Haram, halaman dan fasilitasnya sepuluh kali sehari. Ini belum termasuk pencucian cadangan. Setiap hari  para pekerja ini telah menggunakan lebih dari 60.000 liter bahan desinfektan.

Kepresidenan pun telah bekerja untuk menggunakan teknologi terbaru di bidang sterilisasi dan desinfeksi untuk memastikan bahwa lingkungan Masjidil Haram bebas dari virus atau epidemi. Hal ini dilakukan dengan bantuan robot pintar dan sejumlah mekanisme modern telah dimasukkan dalam operasi sterilisasi dan dioperasikan oleh sekelompok pekerja yang punya kompetensi nasional yang berkualitas.

Dia menunjukkan bahwa kampanye bertajuk “Melayani Jemaah dan Pengunjung adalah lencana kebanggaan bagi kami”  akan terus berlanjut selama sembilan tahun berturut-turut ke depan. Melalui kampanye ini,  Presidensi akan memberikan hadiah berharga dalam menghadapi pandemi dan penyakit, seperti payung, alat sterilisasi. Tujuan utamanya  adalah untuk memudahkan para peziarah melakukan ibadah mereka.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement