Senin 16 Aug 2021 23:00 WIB

KH Idris Kamali Penerus Dakwah Sang Hadratussyekh (I)

Kiai Kamali merupakan salah satu simpul dalam jejaring ulama nusantara di Haramain.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Warga beraktivitas di areal Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asy
Foto:

Badal Mbah Hasyim

Beberapa tahun kemudian, Idris mendapatkan kabar bahwa dirinya dapat berangkat ke Makkah untuk menunaikan haji sekaligus melanjutkan rihlah keilmuan. Sebelum pergi ke Tanah Suci, ia sempat mengajar di Tebuireng hingga beberapa waktu lamanya. Baginya, pekerjaan itu adalah sebuah kewajiban yang mesti ditunaikannya sebagai bentuk takzim kepada Mbah Hasyim, gurunya yang telah mengajarkan banyak ilmu agama.

Sejak masih berusia anak-anak di Cirebon, dirinya terbiasa menghafalkan Alquran 30 juz. Di samping itu, kebiasaannya tidak pernah lalai dalam menjalankan ibadah, baik sunah maupun wajib.Selain itu, berbagai riyadhah atau latihan spiritual pun ditekuninya setiap malam. Pada siang hari, puasa sunah rutin diamalkannya. Maka, tak heran bila Mbah Hasyim menaruh kesan mendalam terhadap santrinya itu.

Hingga suatu hari, kakek Presiden Keempat RI KH Abdurrrahman Wahid atau Gus Dur itu memanggilnya. Idris kemudian ditunjuk sebagai asisten atau badal Mbah Hasyim dalam mengajar beberapa kitab di Tebuireng. Sejak itulah perannya sebagai pengajar mulai tampak. Banyak santri yang mengaguminya sebagai keteladanan dalam menuntut ilmu.

Ternyata penghargaan Mbah Hasyim tak berhenti sampai di sana. Idris lantas diangkat sebagai menantu. Ia menikah dengan putri keempat Mbah Hasyim yang bernama Nyai Azzah pada akhir 1920-an. Dari pernikahan ini, pasangan tersebut dikaruniai seorang putra bernama Abdul Haq yang lahir pada 1929.

Begitu besar rasa cinta dan sayangnya untuk sang istri. Nyai Azzah meninggal dunia dalam usia yang terbilang masih muda. Sejak itu, Kiai Idris tidak berniat untuk menikah lagi. Kasih sayang yang besar juga dicurahkannya untuk Abdul Haq, putra semata wayangnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement