Sabtu 18 Dec 2021 02:51 WIB

Masjid Jamia Kashmir Ditutup, Imamnya Ditahan

Masjid Jamia terbesar di Khasmir.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Seorang Muslim Kashmir berwudhu di Masjid Jamia, Kashmir di Srinagar yang dikendalikan Kashmir, Rabu (18/12). Masjid Jamia dibuka kembali setelah ditutup empat bulan lalu pada 5 Agustus 2019.
Foto:

Penutupan masjid berusia 600 tahun itu terjadi di tengah tindakan keras yang dimulai pada 2019 setelah pemerintah mencabut status semi-otonom Kashmir yang telah lama dipegangnya. Dalam dua tahun terakhir, beberapa masjid dan tempat suci lainnya di kawasan itu, yang juga ditutup selama berbulan-bulan karena tindakan keras pemerintah India dan pandemi berikutnya, telah diizinkan untuk menawarkan layanan keagamaan.

Masjid Jamia tetap dibatasi bagi jamaah yang ingin melaksanakan sholat pada hari Jumat. Pihak berwenang mengizinkan masjid tetap buka selama enam hari lainnya, tetapi hanya beberapa ratus jamaah yang berkumpul di sana pada kesempatan itu, dibandingkan dengan puluhan ribu yang sering berkumpul pada hari Jumat.

"Ini adalah masjid pusat tempat nenek moyang, ulama, dan guru spiritual kita telah berdoa dan bermeditasi selama berabad-abad," kata Altaf Ahmad Bhat, salah satu pejabat di masjid agung.

Dia menepis alasan hukum dan ketertiban yang dikutip oleh pihak berwenang sebagai tidak masuk akal, dan menambahkan bahwa diskusi tentang masalah sosial, ekonomi dan politik yang mempengaruhi umat Islam adalah fungsi keagamaan inti dari setiap masjid agung.

Masjid agung terutama disediakan untuk shalat Jumat wajib berjamaah dan layanan khusus. Sholat wajib setiap hari biasanya diadakan di masjid-masjid lingkungan yang lebih kecil.

Bagi umat Islam di kawasan itu, penutupan masjid membawa kenangan menyakitkan di masa lalu. Pada tahun 1819, penguasa Sikh menutupnya selama 21 tahun. Selama 15 tahun terakhir, telah dikenakan larangan dan penguncian berkala oleh pemerintah India berturut-turut.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement