Selasa 28 Dec 2021 02:14 WIB

Perjalanan Traveler Menelusuri Jejak Muslim di Eropa

Peradaban Islam pernah mewarnai sejarah Eropa.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Peta Muslim negara-negara di Eropa
Peta Muslim negara-negara di Eropa

IHRAM.CO.ID, LONDON -- Adalah Tharik Hussain, pria kelahiran Bangladesh tetapi dibesarkan di London Timur. Dia memasuki dunia traveling sebagai seorang pemula dan "tersandung" pada peninggalan Islam di tempat yang tak terduga: Eropa. Setelah bertahun-tahun bepergian, ia telah menulis buku perjalanan berbahasa Inggris pertama.

Dia menyampaikan bagaimana dia pertama kali menemukan rahasia sejarah ini, dan bagaimana kita semua mungkin memiliki sejarah yang belum ditemukan yang menunggu untuk ditemukan.

Baca Juga

Brick Lane London Timur sedang naik turun dan penuh dengan bar, toko pakaian vintage, kedai kopi, spesialis tanaman rumah, dan pasar makanan jalanan. Ini adalah impian hipster muda. Turis berduyun-duyun ke sini, tetapi ada lebih banyak hal di tempat ini selain latte dan vinyl.

Naskah yang tidak biasa menghiasi rambu-rambu jalan, indah dan rumit di bawah bahasa Inggris. Sebuah puncak menara runcing, perak dan berkilauan, berada di luar bangunan bata merah yang terdaftar sebagai Kelas II abad ke-18. "Mungkin menara paling hipster di dunia," kata Tharik Hussain, dilansir dari laman Mirror, Senin (27/12).

Tharik adalah penulis dan guru berusia 42 tahun. Dia memiliki mata untuk aspek yang paling tidak jelas namun signifikan dari kotanya. Kata-katanya ditimbang dengan hati-hati saat dia membawa saya melalui sejarah London Timur yang penuh warna dan seringkali brutal. Dia menyerap suara, bau, dan orang-orang di jalur yang sibuk ini.

"Semuanya berubah. Dan itu tidak buruk. Tapi kita tidak bisa kehilangan sejarah, apa yang terjadi sebelumnya," kata dia. Dia sebelumnya adalah jurnalis yang kemudian menjadi guru sekolah, ia kemudian mencoba menulis perjalanan, dan serangkaian penemuan yang hampir tidak disengaja saat melakukan perjalanan melintasi Eropa membuatnya menulis sebuah buku. Dan bukan sembarang buku.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement