Jumat 24 Sep 2021 12:38 WIB

Keunikan Istana Diriyah yang Berusia 250 Tahun

Istana Diriyah terkenal dengan arsitektur bata lumpurnya yang berdiri 250 tahun.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Agung Sasongko
Kota Tua Diriyah
Foto:

Faktor lain yang mendukung situs ini adalah keaslian sejarahnya dan tidak mengalami pengembangan yang terlalu agresif. Selain koherensi perkotaan yang indah, fungsi sosial, politik, spiritual dan agama At-Turaif berkembang secara simultan dan organik seiring dengan pertumbuhan fisiknya.

“Ini juga diakui oleh Komite Warisan Dunia sebagai salah satu syarat prasasti dalam daftarnya,” kata Shaer.

Salah satu kriteria UNESCO untuk status Warisan Dunia adalah bahwa sebuah situs harus "secara langsung atau nyata terkait dengan peristiwa atau tradisi hidup, dengan ide atau kepercayaan, dengan karya seni dan sastra yang memiliki signifikansi universal yang luar biasa." Pentingnya At-Turaif secara langsung berkaitan dengan pendirian di Diriyah Negara Saudi Pertama pada tahun 1744, di jantung jazirah Arab, dan perkembangan selanjutnya.

Sekarang, lebih dari satu dekade setelah At-Turaif ditorehkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, tempat kelahiran apa yang menjadi, hampir dua abad kemudian, Kerajaan Arab Saudi ini, menjadi daya tarik wisata utama yang semakin populer. Pengunjung dapat berjalan-jalan di antara sisa-sisa bangunan bata lumpur tua, keluarga dapat piknik di bawah pohon kurma saat anak-anak bermain di jalan setapak yang berkelok-kelok di antara kenyamanan modern seperti restoran dan kedai kopi.

Tujuan ambisius yang mengagumkan dari Diriyah Gate Development Authority adalah untuk mengubah atraksi bersejarah ini menjadi “salah satu tujuan gaya hidup dunia untuk budaya dan warisan, perhotelan, ritel dan pendidikan.” Shaer mengatakan sangat senang dengan keputusan Kerajaan untuk membuka Diriyah sebagai situs wisata, dimana pengunjung dapat datang dan belajar memahami sejarah. 

“Senang melihat Diriyah terbuka untuk turis, karena budaya dapat menyatukan orang, dan Diriyah mengingatkan kita pada semua kesamaan yang kita miliki sebagai manusia,” ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement